Selasa, 09 Januari 2018

KESEHATAN MATA

10 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA


1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Beberapa vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zinc, dan lutein dipercaya bisa membantu menghindari masalah mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula mata. Kandungan tersebut bisa kamu  peroleh dari sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk. Bila kamu mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur, bisa membantu menjaga kesehatan mata.

2. Rajin Melakukan Olahraga

Cara menjaga kesehatan mata bisa juga dilakukan dengan melakukan olahraga. Dengan berolahraga dipercaya bisa mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang disebabkan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

3. Rutin Memeriksakan Mata

Disarankan bagi orang yang berusia lanjut maupun muda, baik pria atau wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali supaya penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Sebenarnya pemeriksaan kesehatan mata sebaiknya dilakukan sejak kamu masih kecil. Pemeriksaan kesehatan mata bisa dimulai pada usia antara 6-12 bulan, mata anak sudah harus diperiksa untuk mendeteksi apakah ada masalah penglihatan yang bisa saja memengaruhi kemampuan belajarnya. Untuk orang yang sudah berusia lanjut, misalnya telah berumur lebih dari 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti katarak dan  glaukoma.

4. Hindari Terlalu Lama Menatap Komputer

Akibat dari menatap layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit  pada bahu dan punggung, sulit fokus menatap kejauhan, Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, disarankan tiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Dan jika mata kamu terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

5. Menggunakan Kacamata Hitam

Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu diberikan proteksi. Bila terlalu sering terpapar sinar ultraviolet, maka bisa meningkatkan risiko terkena katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, dan bahkan kanker kelopak mata. Solusinya adalah dengan  memakai kacamata yang bisa memblokir sinar UVA dan UVB atau memakai topi ketika berjalan-jalan pada siang hari.

6. Hindari Merokok

Ternyata kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan  kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menumbuhkan plak di aliran darah dan melemahkan arteri hingga menimbulkan risiko serangan jantung.

7. Membersihkan Makeup 

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya, kamu harus membuang riasan mata bentuk cair atau krim jika sudah 3 bulan digunakan, karena bakteri bisa tumbuh dengan mudah. Sebaiknya buang dan ganti makeup kamu. Sebaiknya selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan make up dari dan kepada orang lain. Dan cucilah wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai makeup. Bila dalam pemakaian makeup kamu mengalami infeksi, hapus riasan dan segera temui dokter.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

9. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

10. Hindari mengucek mata

Ketika mata anda terasa gatal dan perih, biasanya anda akan refleks untuk mengucek mata anda. Hal ini boleh dilakukan, tapi jangan terlalu sering, karena dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya bagi mata anda. Mengucek mata dapat menyebabkan :
  • Mata memerah
  • Pendarahan
  • Iritasi pada mata
Apabila mata anda terasa gatal, gunakanlah obat tetes mata yang banyak dijual di toko obat, dan cobalah untuk mengistirahatkan mata anda.


Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GIRLGROUP KPOP

TOP 10 GIRLGROUP KPOP 1.        TWICE 2.        RED VELVET 3.        GFRIEND 4.        BLACKPINK 5.        SNSD/ GI...